seasaltinfo

Garam tidak lepas dari makanan sehari-hari kita, hingga saat ini masih banyak orang yang bingung apakah garam itu sehat atau tidak. Jawabannya tentu tergantung dari jenis garam yang kita makan.

Apakah garam laut lebih baik dari garam biasa?
Garam meja (garam dapur) mengandung 97 persen natrium klorida (NaCl). Garam jenis ini dikenal dapat menyebabkan penyakit Alzheimers dan masalah kesehatan lainnya.

Sangatlah disarankan untuk menghindari garam meja karena selain tidak alami, juga tidak memiliki banyak mineral yang dibutuhkan tubuh. Seperti dilansir Boldsky, berikut adalah beberapa manfaat garam laut alami untuk kesehatan tubuh manusia.

Gula darah
Insulin bertanggung jawab mengatur gula darah yang dapat mencegah diabetes. Kurangnya asupan garam membuat insulin tidak sensitif mengambil glukosa darah. Maka dari itu, garam sangat penting bagi insulin untuk mengurangi diabetes.

Hidrasi
Asupan air garam alami yang dikonsumsi setiap pagi, baik untuk energi tubuh. Selain itu, dapat mengurangi gejala alergi dan mencegah dehidrasi.

Panjang umur
Penelitian menunjukkan bahwa, konsumsi garam alami memiliki kaitan dengan harapan hidup. Jepang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia karena mereka mengkonsumsi garam alami. Mereka juga memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung daripada kebanyakan negara – negara maju lainnya.

Meredakan stres
Garam laut terbukti dapat mengobati berbagai jenis depresi melalui dua hormon penting yaitu serotonin dan melatonin. Kedua hormon itu bisa membuat Anda merasa relaks dan tidur lelap di malam hari.

Pencernaan
Dengan meminum air garam alami setiap pagi dapat membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi. Garam mengaktifkan enzim pencernaan dalam mulut yang disebut amilase saliva. Garam juga memproduksi asam klorida dalam lambung yang membantu pencernaan.

Kesehatan gigi
Garam laut yang mengandung fluoride, penting untuk kesehatan gigi. Fluoride melindungi gigi dari kerusakan asam dan mencegah gigi berlubang. Berkumur teratur dengan air garam laut membantu meringankan gusi berdarah, sariawan, bisul dan sakit tenggorokan.

Arthritis rheumatoid
Garam laut efektif memberikan bantuan nyeri sendi pada rheumatoid arthritis. Penelitian telah menunjukkan bahwa garam laut bersifat anti-inflamasi.

Kaki kesakitan
Merendam kaki dalam air garam laut yang hangat membantu mengendurkan otot-otot kaki, mengurangi rasa sakit, kelelahan, pembengkakan dan nyeri kaki.

Tidur nyenyak
Mandi garam laut memiliki efek menenangkan saat tidur dan tidur lebih nyenyak. Garam laut juga mencegah kelebihan air liur yang keluar dari mulut saat tidur.

Mengurangi lingkaran gelap pada mata
Garam laut mengurangi bengkak di bawah mata Anda. Kompresan garam laut dapat mengurangi lingkaran gelap dan memiliki efek menenangkan di sekitar mata.

Mencegah rambut rontok
Garam laut alami merangsang pertumbuhan rambut. Memijat kulit kepala dengan garam laut dapat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat folikel rambut.

Pengganti elektrolit
Mineral seperti magnesium, kalium, kalsium dan natrium dapat menyeimbangi elektrolit tubuh. Selama dehidrasi, elektrolit dalam tubuh akan hilang. Garam laut mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Disadur dari Viva.co.id (life.viva.co.id/news/read/606294-12-manfaat-konsumsi-garam-laut)

Manfaat Penting Garam Laut Bagi Kesehatan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *